Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vlog Berbagi dan Berkolaborasi

PembaTIK Level 4 Tahun 2023

Inovasi Pembelajaran Model Discovery Learning dengan Media Petualangan Wujudkan Merdeka Belajar

Ki Hajar Dewantara (KHD) menggambarkan secara utuh pemikirannya tentang pendidikan. Filosofi KHD yang pertama mengartikan pendidikan sebagai tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat dimana menganalogikan bahwa seorang petani yang menanam padi tidak akan berubah menjadi jagung. KHD juga menyatakan bahwa kemerdekaan merupakan syarat dan juga tujuan pendidikan. Relevansi pemikiran KHD dalam konteks pendidikan Indonesia adalah bahwa pendidikan Indonesia haruslah dilandaskan pada tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk karakter yang cerdas dan beradab sehingga menciptakan pendidikan yang memerdekakan yang memberikan kemerdekaan untuk belajar bagi siswa dan kemerdekaan mengajar bagi guru. 

Filosofi KHD yang kedua berkaitan dengan dasar-dasar pendidikan yang “menuntun”. KHD menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: menuntun segala kodrat baik kodrat alam maupun kodrat zaman yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi juga berkembang termasuk pemanfaatannya dalam proses pembelajaran. Inovasi pembelajaran berbasis teknologi pun telah mulai dilakukan. Satu hal yang perlu diingat adalah setiap kegiatan dalam proses pembelajaran termasuk pemanfaatan teknologi harus memperhatikan segala kodrat yang ada pada anak.

Siswa terlahir dengan kodratnya masing-masing, mereka memiliki karakteristiknya masing-masing baik minat maupun gaya belajar. Disinilah peran kita sebagai guru untuk bisa memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan juga bermakna. Suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan akan menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal.

Dalam merancang inovasi pembelajaran saya menggunakan metode STAR dengan melihat situasi, menghadapi tantangan, melakukan aksi dan melakukan refleksi.



Saya merancang media pembelajaran berbentuk petualangan. Inovasi pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan menyediakan sumber belajar yang beragam untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa. Media petualangan berupa pos-pos yang diberi nomor ini berisi pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa sebelum melangkah ke pos selanjutnya. Pos ini juga berisi uji pemahaman untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi.


Saya menerapkan pembelajaran diferensiasi konten dengan menyediakan sumber belajar yang beragam untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa.

Sumber belajar yang beragam diharapkan dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa. Saya menyediakan sumber belajar berupa video, buku pop up  dan juga media Augmented Reality. Buku pop up berisi materi yang didesain secara menarik menggunakan canva diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa. Begitupun media Augmented Reality (AR) dapat memvisualisasikan konsep yang bersifat abstrak.

Selanjutnya, saya juga merancang  kegiatan asessmen yang seru dan menyenangkan. Disini terdapat bola berisi nama yang ketika diambil menggunakan mesin capit baru akan terlihat. Disini siswa sedang dievaluasi pemahamannya tetapi dengan cara yang menyenangkan. 




Pada kegiatan asessmen yang biasa merupakan hal yang dikhawatirkan siswa juga menjadi hal yang menyenangkan. Praktik baik inovasi pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa sehingga setiap proses yang dilalui tidak hanya sekedar menyenangkan tetapi juga lebih bermakna.



Sebagai seorang guru, saya memahami setiap anak terlahir dengan segala kodratnya masing-masing. Kodrat yang dimaksud adalah potensi, minat dan kemampuannya masing-masing.


Guru berperan menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Inilah yang memotivasi saya untuk terus menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan juga bermakna serta berpihak pada murid. 


Terima kasih pembatik 2023 atas pengalaman berharga ini. Saya selalu bersemangat mengikuti setiap prosesnya.








1 komentar untuk "Vlog Berbagi dan Berkolaborasi"